Berikut adalah beberapa tips yang bisa diperhatikan :
- Cek nomor rangka dan mesin.
- Kondisi fisik : Body, spion, baut, dll. pastikan smua yang nempel adalah parts orisinil.
- Jangan hidupkan motor dulu. Buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan pas.....jangan lebih. Oli yg ditaruh berlebih akan ber-efek suara mesin lebih halus, sehingga menyembunyikan suara aseli motor yg mungkin kasar.
- Cek speedometer , pastikan tidak ada retak atau bekas cukilan. Berapa km yang telah ditempuh. Jika jam terbang tinggi ( diatas 20.000 km) maka akan dapat dipastikan banyak sekali komponen mesin yg akan diganti. Anda harus bersiap-siap doku !!!
- Cek juga kelurusan roda depan dan belakang, untukmemastikan apakah rangka / chasis memang benkok ???
- Hidupkan mesin. Apakah bisa stasioner / langsam ???? Mesin yang sehat akan bisa langsam pada putaran +/- 1500 rpm. Pastikan juga ngga ada bunyi yg aneh di mesin.
- Coba jalankan kendaraan. Perhatikan....perpindahan gigi sulit atau ngga ??? Kalau sulit ya bisa jadi ini tanda2 kampas kopling akan abiss....
- Juga perhatikan, saat jalan ada bunyi mendesirr ??? jika iya....ada kemungkinan gigi primer sudah akan habis.
- Jalankan kendaraan sekitar 500meter, lihat adakah oli yang bocor lewat sela2 mesin.
( lebih jauh lebih bagus ). - Cek juga kelistrikan dan lampu-lampu. Tekan rem belakang + bunyikan klakson, atau stater motor dg leketrik stater sambil tekan rem belakang.... kalau berfungsi / hidup berarti accu tidak ada masalah.
- Lajukan kendaraan +/- 40km/jam dan tekan rem agak mendadak.....pastikan motor tidak oleng / sulit dikendalikan. Ini bisa untuk mendeteksi kelurusan chasis dan poros setang/setir.
- Yang pasti cek juga harga kendaraan dipasaran. Jangan takut kemahalan kalo yg anda beli benar2 bagus kualitasnya.