Thursday, November 08, 2007

Sil Klep Thunder 125 & 250

Sil Klep Thunder 125 & 250
Subsitusi Punya Bebek


Ada cara mudah sekaligus murah buat mengakali sil klep Suzuki Thunder 125 dan 250. Soalnya, jika peranti yang bertugas menjaga kerapatan batang klep itu rusak, oli mesin bisa masuk ruang bakar. Kapasitas pelumas berkurang dan tenaga mesin loyo.

“Mengakalinya, bisa pakai sil klep motor lain. Khususnya bebek. Bisa punya Yamaha Jupiter atau Kawasaki Kaze,” ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. H. Mencong, Ciledug, Tangerang.

Jika sil klep Thunder 125 dijual sekitar Rp 16 ribuan, maka punya kedua bebek itu hanya Rp 5.000 aja. “Selain murah, barangnya juga mudah dicari, lho. Misal di bengkel umum,” kata Kiky yang sudah mencoba cara ini di Thunder pek jigo dan 250.

Nah, cara pemasangannya juga mudah. Pertama, buka baut kepala silinder pakai kunci 12 dan kunci 10. Setelah itu, lepaskan noken as. Jangan lupa mencopot rantai keteng. KLIK - Detail

Jika sudah, lanjut melepas empat baut pengencang kepala silinder dengan blok silinder pakai kunci 14 mm. Nah, berikutnya baru pisahkan head dan blok silinder.

Setelah head diturunkan, lepaskan per klep. Karena letak sil itu ada di dalam per. Sudah lepas? Jika iya, lanjut mencopot sil klep yang rusak. “Bisa pakai obeng pipih kok,” bilang Kiky.

Kelar itu, pasang kembali part yang terlepas, sama seperti kamu membuka. Hanya saja, ini kebalikannya, Bro. Tapi perhatikan tanda top di sproket keteng dan di magnet. Harus pas biar motor bisa hidup.

source : http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=9463

No comments: