Monday, February 14, 2011

Tour ke Bromo : GAGAL TOTAL !!!!!!

.
Ceritanya tuh ada temen mampir ke rmh dan berhubung dirumah jg kebetulan lg jadi bujangan, akhirnya ya dibikinlah rencana mendadak untuk iseng-iseng touring ke Bromo lewat dkt rumah, yaitu melewati medan purwodadi-gerbo-nongkojajar-pananjakan bromo. Sama sekali tdkada persiapan !! dan mungkin itulah kelemahan di kami. Karena saya merasa motor jg biasa-biasa aja, tiap hari juga bwt gawe is no problemo !!! ngga pernah yg namanya mogok (kecuali pas keabisan bensin.....heheheh ! ).
Sekilas ttg kendaraan yg dipakai ialah Honda win MCB100 thn rakitan 2000 kondisi standart tapi kombinasi gear depan belakang yg termasuk berat. Bayangkan !!! Gear sproket depan belakang standart Win adalah 14-41 mata, krn saya merasa torsi Honda Win ini lumayan besar, maka saya bulatkan tekad untuk memperberatnya dg kombinasi 14-36 (hehehehe...... turun-nya banyak ) dgn asumsi saya tidak perlu main di rpm besar untuk jalan shg bisA mEmPERIrit bbm dan ini terbukti !!! dan bonusnya speed bisa nambah !! Pd keadaan normal motor ini sangat irit dan bisa sampai 1 liter untuk 50 s/d 70km untuk rute jalan biasa,dulu saat saya bawa ddari Jogja ke malang lewat jalur Pujon Batu malah menempuh rekor hanya habis premium 4,5 liter . Saya juga sadar senyadar-nyadarnya kalo perbandingan gear yg berat juga akan menyiksa motor saat membawa beban apalagi sewaktu menempuh jalan tanjakan !!! Tapi saya juga yakin se-yakin2-nya kalo torsi motor akan sangat menolong !!
Dan dg kepedean yg tinggi tanpa ba-bi-bu-du-bi-du-bi-da kami berdua berangkat berboncengan !!
Rute 5 km pertama lancar jaya, trek Purwodadi - cowek yg tanjakanya lumayan ditempuh dg gigi 2 & 3 !!!
Nah, ini nih !! begitu melewati km berikutnya ada yg aneh dg ini motor , setiap jalan 100 meter kok mbrebet-2 dan MOGOK !! tapi saat di kickstarter ya nyala lagi, seperti itu berulang-ulang !! akhirnya dg "semakin pasrah" kami bikin analisa :
1. Bensin tdk lancar ! shg yg kita tuduh adlh filter bensin ,solusi : cabut !! SEMENTARA TANPA FILTER !!!
2. wEladalah !!! tyt kok idem !!! samaaja, kondisi smsekali tdkberubah !!! kmdn judge berlajut ke karburator ( mungkn kotor )  dan solusi : bongkarrrrrrrr !!! bersih sana - bersih sini - bersih situ - sebal sebul bah !!! buh !!! atur pelampung untuk ditinggikan ( bisa aja to krn bensin di mangkuk bensin terlalu sedikit ) dan pasang dehhhh !!! begitu dicoba ...... lhoh kok tetep ??? tanda tanya diotak kamipun semakin membesardan menggelembung !!!
3. Analisa berlanjut !! menurut pengalaman bisa aja to krn fungsi coil yg sudah sekarat !! jadi setiap jalan bbrp lama dia jadi kacaw fungsi kerjanya karena terkena sindrom panas !! akhirnya kamipun menyerah dan turun kembali kerumah sambil nyari yg jualan coil. Di deket pertigaan Purwodadi tyt ada toko  spareparts yg buka dan kamipun nyamperin. Adanya coil punya GL Neotech yg seharga 25rb buatan Thailand, mau ngga mau ya ok deh dibungkusssss !!! ( murah amir ?? ).

Sesampai di rumah lsg bongkar sana sini situ mulai dari tanki sampai jok motorpun ikut dilepas. Kemudian cari tempat untuk pasang coil baru krn dudukan baut koil lama dan yg baru berbeda. krn tdk nemu juga akhirnya ditaruh deh tu koil dibawah jok !! Untung kabel ke busi msh nyampe. Koil lamapun dilengserkan dan saat ngambil chop busi di koil lama tiba-tiba dada kami nyesek buangettttt !!!!!!!!!!! weladalahhhhh......... ternyata titik join kabel busi ke chop busi sudah keropos dan sudah patah pula !!! siaaalllll ....... tiwas beli koil tyt biang keladi masalah hanya seputar chop busi doang !!! asemkecutgulolegisingpaitbrotowali !!!!
Ya Tuhan, tabahkanlah hati hambamu ini yg kurangteliti jadi montir jalanan !!! hehehe.........


5 comments:

WiroMoto said...

hemmm...
Eman yo...
padahal sik teko kono...
Kan dalan sik lumayan apik...
:)

Kapan² dibaléni bro...
Lewat jalur iku maeng aé...
Sip kok :)

Anonymous said...

walah, ternyata copnya uzur toh..
tapi kalo bisa nyari masalahnya+benerin..
Sensasinya ruaaaar biasa :)

raiderobie said...

salam kenal bro..
hehe.. asemkecutgulolegi nya keluar deh gara2 cop busi

adjokasep said...

OBRAL HABIS CLEARANCE SALE MOGE ITALIA GRESS MULAI 40jt-an

http://mocinrider.wordpress.com/wp-admin/post.php?post=521&action=edit

Anonymous said...

siip siip siip