Saturday, January 29, 2011

Trik memilih karburator KW

Ini ceritanya berawal dari saya menerima hibah sebuah karburator "KW sekian" dari teman saya. Dia memasang karbu untuk suprafit ( katanya habis tabrakan jadi ngga enak karbu ori-nya ). Karena ini murni hibah dan gretongan, sayapun menerima dengan setulus-ikhlasnya. Pikir saya sih, bisa nih dicoba di Honda MCB100 saya ( yg sudah susah stasioner ). Katanya temen dermawan saya itu, udah kadung beli ..eh, dipasang kok nggak enak blas.... mesin cuma teriak-teriak tapi gada larinya, kadang mbrebet dan nembak-nembak gt.
Oh,iya... ini karbu merk-nya Deni atau Dekni dg lambang Keihin. Pikir saya saat itu, wahhhh.... bener -bener karbu KW sekian nih.... ( sdh suuzon dulu ama ni karbu ). Berikut adalah lambang dari karbu itu :

Karena curiga dan was-was, saya minta bantuan mbah gugle untuk cari penerawangan tentang karbu ini....dan.... hasilnya lumayan membuat saya surprise ....

"The make is DENI made by ZHANJIANG DENI CARBURETOR CO., LTD. They're part of the Japanese KEIHIN group, and the most common model is the PZ27 (27 mm)."

Jadi, ini karbu KW-1 nya Keihin yg diproduksi di China sono....hhmm.... boleh juga nihhhh... ( dari mbah gugle juga, tyt ini karbu banyak yg make di USA sono, terutama produk motor dr China dan sangat recommended menurut Scoot-USA ).
Berdasarkan keluhan teman saya tadi, dan pengamatan mocin-mocin yg beredar, mereka rata-rata bilang powernya kurang, tapi mesin-nya irit-irit dan kalo lari kudu diurut. Nah,itu dia..... wangsit-pun datang !!!...jjrreennggg....... !!!!
Setelah bongkar sana bongkar sini, saya bandingkan dengan karbu ori Honda Win.... ck..ck..ck.... yo terang ae irit ...lha wong Pilot Jet dan Main jet lbh kecil dari Karbu ori saya ( bisa dilihat dg mata sambil telanjang ), padahal skep-nya lebih besar sedikit Karbu Ori.....
Akhirnya, dg sedikit coba-coba.... saya swap semua spuyer karbu Ori ke Karbu Deni tsb... dan... pasang deh di Honda Win.....
Puter sana-puter sini, kunci kontak saya On dan Kick Starterpun saya tendang ala bola sudut... ( byuhhh...) , mesinpun langsung ...ggrreennggggg..... ( dari bunyinya, feeling saya mengatakan " enak nih....").
Langkah berikutnya adalah putar baut stasioner sampai kira-kira 3000 rpm, kemudian putar setelan angin sampai didapat rpm paling tinggi.... kemudian barulah cari stasioner mesin standartnya....
Uuuuhhhuuyyy...... mesin MCB100-ku jadi huenaakkkk... garing-garing nge-bass....
begitu puter-puter lapangan, powernya lebih yahud dari karbu ori..... tetapi berhubung sudah mulai turun hujan.... maka testride dilanjut besok ajah....sekalian test speed ama konsumsi bbm.

Kesimpulan : Jika anda ingin ganti karbu KW... carilah karbu KW yg ada hubungan sodare ama karbu ori, ini disinyalir berhubungan dg ke-presisian part karbu yg lebih baik. kemudian, tukarlah main jet dan pilot jet .... InsyaAllah... mak jreeennngggg......

Semoga bermanffat .....

5 comments:

Anonymous said...

Wahhh...makasih infonya browww, tapi soal durabilitas pemakaian bisa tahan lama ngga ya?

ingelton said...

kalo spuyer main jet karbu win di pas ang di karbu supra fit bisa ga??

Primadi said...

pj mj karbu win persamaannya apa y?
mau naikin 1 step tapi bgkl blm nemu ada yg jual pj mj buat win

Ihsan Sukoco said...

Bisa,kan sama2 keihin

plankton smile channel said...

Karbu win ku baru om tapi kok aku pasang brebet om solusinya om merknya skr lippo