Monday, January 10, 2011

Trik Karburator !!! ( honda win )

Ketika saya iseng-iseng bersih-bersih karburator pada honda win MCB100 yg telah menemani saya selama 4 tahun , secara tidak sengaja selang pembuangan bensin dari karbu saya arahkan ke depan alias menantang angin .... ( entah lagi kesambet apa kok saya iseng begitu ).
Tidak dinyana, tidak diduga, dan tidak-tidak yang lainya, begitu saya pakai di kecepatan lebih dari 60 km/h , lhah kok malah lari-nya nambah enak ya tuh motor, buat speed dijalan nanjak juga oke...serasa menambah torsi.... tapi ya ngga stabil gitu sih... masih  kadang muncul enak kadang kembali normal....
Bagi saudara-saudara yg tidak percaya takhyul, monggo silahkan dicoba di rumah masing-masing...
Kok bisa begitu ??? setelah melalui semedi 24jam24menit24detik .... mungkin wangsitnya adalah begini yah :
- Disaat kendaraan melaju dg kecepatan yg cukup, sehingga angin bisa masuk dengan lancar ke selang pembuangan bensin karbu, maka angin dengan kapasitas kecil bisa pula menyusup ke dalam karburator, yang ujung-ujungnya malah bisa menambah udara bertekanan rendah ( dari dalam mangku karbu ) untuk dihisap spuyer jet.
- Otomatis, tentu saja menambah pasokan oksigen plus memperlancar masuknya bensin ke ruang manifold.
- untuk lebih jelasnya liat penampakan berikut ini :





- Nb :
Ketika sekrup pembuangan ditutup, angin tetep bisa masuk , krn apa ? coba tebak !!
Dan, semua itu belum terbukti secara empiris dan teknis ( krn saya biker ecek-ecek yg ngga begitu mudeng engine...hehehe ) jadi mohon petunjuk kpd biker-biker suhu yg mau berbagi ilmu dan nalar...

2 comments:

pakbambangnunggangjaran said...

tiru ah , , ,

Novanda S.T. said...

tanpa membuka sekrup penguras mangkuk memang ada lubang nya yg terhubung dengan pipa kuning di mangkuk dalam.. pipa nya berfungsi untuk membuang bensin ketika karbu banjir..

kalau ditiup sih logika nya adalah angin yg masuk ke atas mangkuk akan menekan bensin yg dibawah agar lebih cepat keluar melalui spuyer.. iya g? hehe