Monday, November 08, 2010

5th bike = Suzuki Spin 2010

Alhamdulillah, ini adalah spdmotor matic kedua yg hadir di keluarga kami, setelah beberapa saat lalu Honda Vario nyantol di ruang tamu yg sekaligus garasi. Hanya saja, karena kebetulan yg mulus bin 'kinyis-kinyis' tinggal warna blue lagoon, dan istri juga suka, yaaa...udah dehhh....nggak make mikir panjang, di pinanglah si spin ke rumah.

Mungkin ada pertanyaan kenapa kok  milih Suzuki SPin 125cc ??? padahal ada rentang produk yg selevel adalah Mio cs, Vario, dan beat. Kalo dari sisi pemakai ( bunda ) sih karena biar bisa bawa rantang di tengah ( hahahaha.... ), sedangkan alesan dari sisi pendapat saya ialah :
  • Dimensi ! karena ada si kecil, maka dimensi jok adalah yg terpanjang dan ternyaman buat bonceng ber-tiga. ( maklum kendaraan keluarga ). berbeda dg Mio cs apalagi Beat yg se-upil, hanya bisa disamai dg jok Vario yg juga panjang.
  • Bagasi , walau termasuk kecil tp msh muat 2 jas ujan.
  • Harga berbanding Value !!! Dengan harga baru yg mirip sama Mio, sudah dapet power lebih galak, dan tentu saja speed. Memang bukan speedfreak, tapi kan perlu juga kalo pas keburu ujan ??
  • Harga second, diakui memang paling jatuh diantara kompetitor, mangkanye saya beli motor ini second aja, di malang dlm kondisi mulus dan km 5000, dg harga 8.5 jt sudah bisa bawa pulang motor th 2010. Bandingkan dengan Vario th 2007 masih bermain di angka 10-12 jt, dan Mio lebih parah lagi , th 2006 aja harga masih 8-8.5jt.
  • Enteng !! dg berat yg tidak sampai 100kg, untuk istri sudah lebih dari cukup untuk bawa motor pecicilan.
  • Groundclearance tinggi tapi jok rendah, sehingga plus-nya ialah istri saya masih bisa make tanpa 'jinjit' , yg bonceng juga enak, nggak kayak Vario yg darisononya tinggi..
  • Power, nah...ini nih yg tdk bisa di kalahkan. Vario juga sebenernya power bawahnya enak, tapi buat lari 90kmh keatas terasa berat, beda dg Spin yg eces buat lari segitu. 
  • Sebenernya ada produk lain yaitu Viar Vio-R 125, tapi yaaa gituu deh.... finishing produk yang kurang bagus, tingkat presisi plastik body juga masih payah... ( waktu testride pada bergetar ), mesin yg selevel sama Honda Cub, walau masalah lari is no problemo, kenceng juga.
Riding Impression :
Sewaktu pertama make, setang kok pendek yah... beda ma Vario yg agak tinggi, bagi saya yg tinggi 172cm kok agak repot, lbh nyaman setang Vario.
Pertama narik gas juga kok 11-12 ama Mio, agak dalem dulu baru mau brangkat tu motor, beda banget ama Vario yg gas dikit udah jalan. Mungkin karena Vario punya kompresi lebih tinggi ya.
Begitu si Spin sudah jalan, byuhhhh...... kok tdk terasa, ujug-ujug sudah lari 80 kmh ??? wah, enak nih, makanya cewek2 di jalan tuh make Spin pada kenceng-kenceng ya ???
Kemudian test kelincahan ! menurut saya masih lincah Mio dan Beat, tapi ini normal kok, coz badan motor yg emang lbh panjang. Untuk Spin standart dengan ban standart, kayaknya masih ngeri untuk rebah-rebahan, mending ganti ban yg lebih besarrrrrr.
Long Ride, oke juga !!! mungkin karena power yg memang besar, jadi ya acara selapselip diluarkota is easy lho bro !!!
Hanya saja kok ada bunyi mengganggu ya, setiap akselerasi ada suara 'ngorok'nya walo sebentar !!! setelah saya survey dg Spin lain, ternyata memang bawaan orok darisononya sudah gitu. Mungkin perlu pembenahan di sektor Head + Cam agar makin yahuuuddd ..... ( maklum, kompresi 9.6 )
Masalah konsumsi, ini nih yg agak aneh... dg cc lebih besar, power lebih besar, ternyata konsumsinya 11-12 ama Vario yg sudah radiator dan kompresi tinggi. Menurut hukum alam yg saya tahu, bagi matic, cc besar memang bisa bikin irit, coz  tidak perlu tarik gas terlalu dalam untuk berlari, yg notabene tidak terlalu menguras rpm.
Demmikian sekilas hadirnya si Spin di keluarga kecil kami, ciaoooo......!!!!

7 comments:

jahe said...

mangkanya kemarin mau jual shogun 125 RR 2008 sulit bener sy tawarin 9 jt krn kondisi motor jg masih ok terawat, seakrang udah ga niat jual lagi eman2 tenan klo harga ga nyampe 8jt

blog e obie said...

salam kenal...
suzy skywave jg ada ngoknya.. keliatannya emang bawaan orok bro..
di malang beli dimana? di dealer2 sukun itu?

Anonymous said...

velg jari2 mas.....?
kemarin pas mau ambil white mio, sempat juga kepikiran ambil Spin.. tapi berhubung di rumah udah ada SW dan aku bandingin harga matic jepang paling murah saat ini adalah Mio velg jari2, ya udah aku ambil Mio aja...

apand said...

kalo gak salah tahun depan spin udah stop produksi om...

koq malah pilih spin?
gk skywave aj?

ompuns said...

belidi fortunamotor, barangnya bagus-bagus kok. Kalo SPin bwt istri kok ...

Lanny said...

mas, fortunamotor tuh dimana ya ? tx

ompuns said...

showroom motorbekas pertama setelah jembatan layang belimbing, malang .... ( aku dari arah luar kota )