Tuesday, October 28, 2008

Simpel Water Injeksi

Prinsip water injection adalah meng-injeksi butir / kabut air ke ruang bakar mesin.

Kelebihan Water Injection :
1. Pengapian lambat, efek serasa memakai pertamax padhl cuman cukup dg premium
2. Tenaga dan torsi juga serasa meningkat
3. Otomatis speed nambah ( sekitar 10 - 20 kmh )per-gigi
4. Lebih irit , karena Wa-i mensyaratkan seting karbu lean. pernah ujicoba dg Thunder 125 hasil : 1 liter premium lbh dari 65 km dg kecepatan ekonomis ( 50-60 kmh jalur lancar tdk macet ).
5. Ruang bakar serasa dibilas, jadi bersih dari kerak
6. Tidak ada gejala overheat padahal seting karbu dibikin lean
7. Mesin lbh merdu atau halus
8. Untuk rpm rendah terkadang tenaga serasa liar
9. Masih bisa ditingkatkan lagi powernya dg mancampur air dg alkohol/methanol. Presentase terserah ..... lbh banyak alhokol lbh terasa powernya
10. Busi menjadi merah bata, pertanda ruang bakar bisa bekerja maksimal

Kelemahan Water Injeksi :
1. Pemakaian lama, tanki air bisa keluar lumutnya
2. Air yg diinjeksikan harus air yg bermutu tinggi , sehingga tdk merusak mesin. Usahakan air murni tanpa mineral, misal air accu atau air radiator. Kasus : pada karbu vakum , baut kupu2 di dlm karbu berkarat.
3. Pada sistem diatas yg masih sederhana, rpm rendah mesin lumayan terganggu, susah untuk stasioner karena justru saat idle itulah sedotan wa-i yg terbesar. Bisa diakali dg sensor atau switch shg wa-i menjadi aktif pd rpm tertentu .
4. jangan letakkan wa-i dg posisi lebih tinggi dari manifold, karena justru saat mesin mati, wa-i tetep mengucurkan air, ini sama aja dengan anda menaruh selang di bak mandi untuk memindah air ke ember.

Water Injeksi dg konsep diatas sudah diuji coba selama 2 sampai 3 bulan dg objek percobaan Suzuki Thunder 125cc. Ada kemungkinan perubahan seting sesuai dg spd motor anda masing-masing.
Wa-i diatas berfungsi sbg pendingin ruang bakar, sehingga mesin menjadi efektif dan efisien.
Tetapi, bila anda menginginkan air sbg bahan bakar / booster pada mesin anda, gunakan saja Hydrogen generator atau HH-O( Hydrogen hydrogen oksigen ). HH-O mempunyai prinsip kerja memisah atom air yg terdiri dari H2O menjadi hydrogen sendiri dan oksigen sendiri. Kedua zat itulah yg akan di injeksikan ke mesin. Seperti kita tahu Hydrogen adalah zat yg mudah terbakar sedangkan Oksigen adalah zat yg mendukung pembakaran. Baik HH-O maupun Water Injeksi mengindikasikan setelan lean pada mesin sehingga otomatis bbm akan irit pula. Silahkan dilanjut ttg HH-O atau hydrogen generator pada link ini !!!

2 comments:

Marisadona said...

Ini Wrain khan ya? dulu banyak banget yg pake, sekarang jarang liat lagi

Triy said...

lha dterapin bwt spd motor bs g n gmn crna? thanks