Saya ingin jalan- jalan, dengan naek motor tercinta. Kemana-mana yang kusuka, pergilah pergi sejauh kukira. Tarik gas sedalam hati, bergulat dg tachometer yg menggila. Berkelana hingga ujung dunia entah dimana. dan enjoy dg motor yg tersiksa karena keegoisan sang pengendara. Menikmati ciptaan Tuhan yg Maha Kuasa, menghabiskan bbm yg juga ciptaan Yg Kuasa. ...... jadi, intinya apa ???
( Foen's MotorBlog )

Saturday, July 16, 2005

nge-Modif CB100

Mbaaahhh.....kita ulas buat CB100 yaaa....
Ulasan ini juga berlaku buat GL100 pllatina....

Modif ringan/standart
-------------------------
1. Memperbesar cc :
Piston bisa diganti dengan CB125/GL125 dan untuk CB100 maksimum lebih baik punya GL Pro.....itu aja udah amat sangat tipis.....jangan lebih ya......
Yang pasti liner/boringnya juga diganti yg lebih gedhe, itu jika mau aman.
Untuk piston GLpro kudu ngiris daging blok mesin yg bawah.Berikutnya menambah stroke/langkah piston. Ini bisa dilakukan dengan memindah pin setang seher yg bawah lebih menjorok keluar dengan batas aman 4 mm.

2. Pengapian
Untuk CB100 yg masih make Accu lebih baik diganti dengan CDI Shogun. Apinya lebih gedhe....walopiun yg punya mocin juga oke buat harian.
Unutk merubah dari platina ke CDI bisa denga 2 cara, Yg pertama dengan menempelkan pulser di bekas dudukan platina. Saya tdk menngajurkan itu, sebab jarak pengapian terlalu pendek trus pengapian bisa berubah-ubah tergantung dari kelayakan Noken AS, yg bila oblak maka pengapia juga ikut berubah. Itu juga masih tergantung dari rantai keteng, laher dan bos nokenAs. Yg kedua dengan menempelkan pulser di As Kruk. Ussahakan make pulser yg original, yg baik sih punya honda Tiger, Kwak binter Joy. Yg biasa make grand aje..... Caranya potong plat besi seukuran 1x1,5 cm dengan tebal 2 mm. Las di as kruk bagian bawah, dan las juga / buat dudukan buat pulsernya. Jarak pulser dan plat tadi 1,5 mm.
Pemasangan CDI menurut kabel yg dipunya tiap CDI tsb.
Ada juga tambahan : ambil magnet + spul punya grand/supra dan tempelin di dudukan magnet yg lama ( perlu modif dikit ). Abis itu buat coakan di blok sebelah kiri dan minta buatin ke las alumunium buat dudukan pulsernya.

3. Karburator
Karbu tentu minta spuyer yg lebih besar, tapi tentunya lebih baik diganti dengan punya GLpro atau tiger, yg punya ymh RX juga oke, tapi buat dudukan sendiri.

Modif Berat
------------
Modif ini intinya sama dengan yg diatas, biasanya sih ambil satu set blok kop punya GL Max/pro .Trus piston juga bisa ngaplikasi punya Tiger, syaratnya baut dudukan kop mesin ikut diubah.
Magnet bisa ditiadakan bila aplikasi CDI DC dengan aki kering.
Yg susah rantai keteng, nyari aja bekas punya GLMax/Pro yg justru udah molor.
Bila sproket belakang standar, gigi sekunder satu ama dua bisa diganti. Atau jika tetep ya sproket blakangnya yg dikecilin. Untuk trek panjang udah cukup gear set CB100, tapi kalo buat trek pendek&patah2 mendingan gear setnya GL100.


Udah segitu dulu mas.....capek nulisnyah.......ntar disambung lagi ( kalo pas inget )

16 comments:

Antonius Novenanto, S.Sos said...

Gwe kerja banting tulang ama kulit buat beli sebuah GL Max Neo Tech 1250 tahun 1996. Mesin emang handal sih, tapi parahnya kelistrikannya itu bikin pussiiinggggg…..
Minta tolong dong Bro… sampe skrg udah habis CDI 3 buah… Kiprok 3 buah juga…. Accu… wah ga kehitung Man!!! Gimana nih solusinya… oh iya… spool tadinya pake 0,7.. sekarang ganti 0,65… katanya sih bikin awet peranti kelistrikan… emang sih agak lebih awet, tapi sama aja bung, sekarang habis sudah CDI, Accu, dan kiprok… mesti gimana bro, jujur gwe dah capek. Mo dijual gwe g bs beli motor lagi… pdhal buat kerja… Yahh nasibb jadi orang melarat… btw thx yah

Anonymous said...

Yg pertama dengan menempelkan pulser di bekas dudukan platina. Saya tdk menngajurkan itu, sebab jarak pengapian terlalu pendek trus pengapian bisa berubah-ubah tergantung dari kelayakan Noken AS, yg bila oblak maka pengapia juga ikut berubah. Itu juga masih tergantung dari rantai keteng, laher dan bos nokenAs.

ini saran yang bagus , , ,
karena saya sendiri pernah mengalami hal seperti ini , , ,

karena perjalanan panjang ke luar kota, yang minta motor digeber terus, dan juga beberapa menghantam lobang jalanan yang entah kenapa selalu ada, bos noken as jadi gojlag (longgar) , dan akibatnya noken as jadi bebas bergerak kesana-kemari , ,

tapi klo emang selalu di cek rutin , and yakin kondisinya bisa bagus untuk perjalanan jauh sih gpp

Anonymous said...

COba periksa kabel body bro.. penyakit motor lama kadang kabel2 dah getas, jgnkan motor lama, yg baru 2~4tahun ajah bila pengapian masih pake aki (thund***) yg akinya gede maka energi panas dikabel bikin masalah... semoga mbantu...

jajas said...

guy's ane mo tanya neh... ane punya motor GL 100, trus ane dah oprek2 tu mesin rencana sih biar larinya kencang ..... tp kbtluan ane dapet masalah baru nih.. naa yg mo ditanyain : brp jarak
(dalam milimeter) pulser dari "top" ke mata pulser.. tulung dujawab ya...

jajaz said...

mau nanya lagi neh... gmn biar karburator awet n tdk cerewet.. hehe kata temen saya sihh simpen aja dibawah bantal.... cuyy thanks for help yaaa

Anonymous said...

:(

Anonymous said...

duh ga tau juga nihh

Anonymous said...

mau nanya nic....gimana supaya karburator kontan dan rpm nya tinggi saat digas.

Anonymous said...

gini ya''''aku masih bingung maslah pulser honda cb ku nnic.aku memakai pengapian cdi shogun,aku mau nanya berapa jarak antara top ke sensor mata pulser,sedangkan bandulan nya sudah naik setruk 5mm pakai piston tiger lagi,untuk pengapian yg pas berapa jaraknya kalo kita dari titik TMA/top kesensor mata pulser.biar tenaga n kecepatan ada.sekian n makacih banget dc

Anonymous said...

nanya yc,gimana supaya sepul penggisian aki 12 volt keluarnya.n kawat berapa yg baik utk melilit sepulnya ini utk honda cb 100.tolong yaaaaaaaaaaaa dijawab

rama said...

klo cb 100 pke mesin tiger satu gelundungan bs gag ya?
di dealer resmi honda jual mesin tiger lengkap gag ya? blok atas blok bawah gtu lengkap sm smuanya.
thx jawabanya

Anonymous said...

Bro, mw nanya nih!!!!
Q punya motor GL 100 (105cc) aslinya pke platina berhubung gk bsa d pke bwt ngetrek jd q ganti CDI, Ganti semua mulai dari spull ampe Tutupnya!!
CDI q pke yg buatan taiwan punya Satria F150 Yg unlimited
Trus Blok juga udah d ganti sama yang tiger ( 196cc ) Nah masalahnya nih knp y motor q tuh msh gk ada tenaga????? Spuyer q pake punya mobil kijang cz sama!!!
Nah kemaren sih aq tes buat ngetrek emang menang, motor 2 tak aja bsa mutus ( RX KING sm Ninja ) Yg pengen q tanya sm mas Knp motor q makan Klep api y??? Klep apinya putus trus!!! Udah 10x lebih ganti klep yg asli pi putus trus padahal kerenggangannya udah pas!!'
Nah trus q pernah ngetes motor sm CBR 250cc Emang Imbang Tapi waktu Gasnya hampir habis tiba2 motornya ilang tenaga, np y????? Kemaren tuh kata temen q yg pke cbr 250 kecepatannya tuh udah nyampe 215km/h, Gk nyangka juga bsa kyk gtu!!!
Tolong deh mas d kasih tw knp y motor aq tuh???????

Berhubung q jarang ol Jd balasannya langsung aja d kirim ke email aq y mas
Arsip_band@yahoo.co.id

CB Rider said...

wih, gile! tu GL 100 bisa lari 215 Km/jam masih kurang. ya beli ja hayabusa ato YZF 1000 ato GSXR. dijamin puas.

Anonymous said...

om gw punya cb100..
-pengapiannya cdi rc100,gw pengen rombak total pengapiannya,biar enak pake pengapian motor ap,trus dananya abis brapa kira"..

Anonymous said...

bos gue mau tanya...
ane punya cb100, mesin udah dimodif, tpi kalau gue geber kecepatan agak tinggi knp ya kok terjadi getaran yg lumayan tinggi di stir ama dipijakan kaki. ini apanya yg ngak beres...?
tank's yah.

zanuri said...

bos aq pnya cb msin udah mdif..tp knpa masiy da swra brsik..trus stasioner x msih lum pas